Jangan Asal Membaca Do'a Buka Puasa dan Menyegerakan Berbuka, Ketahui Keutamaannya

Mei 11, 2020

Kurang afdhol rasanya jika kita hanya membaca doa buka puasa serta menyegerakan berbuka. Terkadang memang kita mengamalkan sesuatu hanya karena itu wajib atau sunnah, tanpa mengetahui keutamaan dibalik amalan tersebut. Mengamalkannya pun sudah baik, namun alangkah lebih baik untuk mengetahui keutamaannya agar kita semakin semangat dan mampu mengamalkannya secara istiqomah.

Apa sebenarnya keutamaan membaca do’a buka puasa dan menyegerakan berbuka hingga kita dianjurkan untuk mengamalkannya? Berikut penjelasannya.

Jangan Asal Membaca Do'a Buka Puasa dan Menyegerakan Berbuka, Ketahui Keutamaannya

1.       Saat Mustajabah Untuk Berdo’a
Menjelang berbuka puasa merupakan saat yang mustajabah untuk berdo’a. Bahkan, dijelaskan bahwa do’a pada saat itu tidak akan ditolak oleh Allah Swt. Rasulullah Saw. bersabda:
“Sesungguhnya do’a orang yang berpuasa ketika berbuka tidaklah tertolak” (H.R. Ibnu Majah; hasan).
Rasulullah Saw. Juga bersabda dalam hadits yang lain:
“Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak: (1) Pemimpin yang adil; (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka; (3) Do’a orang yang terdzolimi” (H.R. Tirmidzi No. 2526 dan Ibnu Hibban 16/396; shahih).

Saat berbuka merupakan waktu terkabulnya do’a. Hal tersebut dikarenakan saat itu orang yang berpuasa telah menyelesaikan ibadahnya dalam keadaan tunduk dan merendahkan diri (Tuhfatul Ahwadzi, 7:194).

2.       Sesuai Sunnah Rasulullah Saw.
Menyegerakan berbuka puasa merupakan sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah Saw. Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam sebuah hadits, bahwa Rasulullah Saw. Bersabda:
“Ummatku akan senantiasa berada di atas sunnahku (ajaranku) selama tidak menunggu munculnya bintang untuk berbuka puasa” (H.R. Ibnu Hibban 8/277 dan Ibnu Khuzaimah 3/275: sanad shahih).

3.       Senantiasa berada dalam Kebaikan
Apabila kita mau menyegerakan berbuka, maka Rasulullah Saw. Mensabdakan dalam hadits, bahwa kita akan senantiasa berada dalam kebaikan. Sebagaimana Sabda Beliau Saw.:
“Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka” (H.R. Bukhari, No. 1957 dan Muslim, No. 1098).

4.       Sebagai Bentuk Kesyukuran
Membaca do’a sebelum makan merupakan salah satu bentuk syukur agar hidangan yang kita santap mendapatkan berkah dari Allah Swt. Sesederhana membaca Basmallah. Sebagaimana Sabda Rasulullah Saw.

Dari Wahsyi bin Harb dari ayahnya dari kakeknya, bahwa para sahabat Nabi Saw. Berkata,
“Wahai Rasulullah, sesungguhnya kami makan dan tidak merasa kenyang?” Beliau bersabda: “Kemungkinan kalian makan sendiri-sendiri”. Mereka menjawab, “Ya”. Beliau bersabda: “Hendaknya kalian makan secara bersama-sama, dan sebutlah nama Allah, maka kalian akan diberi berkah padanya” (H.R. Abu Daud, No. 3764: hasan).

5.       Memperoleh Ridha Allah Swt.
Salah satu keutamaan berbuka puasa adalah mampu mengantarkan kita pada ridha Allah Swt. Allah Swt. Lebih menyukai orang yang menyegerakan berbuka. Hal ini juga dijelaskan oleh Imam Nawani dalam kitabnya, yakni Riyadhus Shalihin.

Beliau mengatakan, jika ingin mendapat cinta dan ridha dari Allah Swt., maka kita harus menyegerakan berbuka puasa sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah Saw. Allah Swt. berfirman dalam hadits qudsi, “Hamba-Ku yang paling aku cintai adalah hambaku yang menyegerakan berbuka” (H.R. Tirmidzi). 

Demikian pembahasan mengenai keutamaan membaca do’a buka puasa dan juga menyegerakan berbuka. Semoga kita diberikan kemudahan untuk mengamalkannya dan mendapatkan keutamaan-keutamaannya tersebut. Wallaahu a’lam bish-showaab.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda