Faktor Utama yang Menyebabkan AC Mobil Tidak Dingin

April 17, 2020

AC mobil menjadi salah satu komponen penting dalam sebuah kendaraan. Terlebih jika Anda sering bepergian jauh. Kehadiran AC mobil tentu sangat dibutuhkan karena sangat berpengaruh dengan kenyamanan. Akan tetapi, terkadang AC mobil menjadi tidak dingin. Masalah AC mobil tidak dingin ini ternyata harus ditangani dengan cepat dan tepat.

Akan tetapi, beberapa orang melakukan penundaan perbaikan terhadap masalah satu ini. Melakukan penundaan ini hanya akan membuat kerusakan semakin parah, bahkan bisa merembet ke komponen lainnya. Terkait dengan hal ini, ada beberapa cara terbaik memperbaiki AC mobil serta mengetahui penyebab munculnya masalah ini. Berikut uraian lengkapnya.

Faktor Utama yang Menyebabkan AC Mobil Tidak Dingin

Beberapa Hal yang Menyebabkan AC Mobil Kurang Dingin

Terkait dengan hal ini, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan AC mobil mengalami kerusakan. Ternyata, antara satu faktor dengan faktor lainnya juga memiliki solusi yang berbeda. Adapun beberapa penyebabnya diantaranya sebagai berikut :

1.       Terjadinya Kerusakan pada Bagian Magnetic Clutch

Dalam satu perangkat elektronik ada bagian penting, yaitu Magnetic Cluth. Komponen ini memiliki fungsi untuk mengatur putaran mesin supaya komposernya ikut berputar. Untuk bisa bekerja dengan maksimal, Magnetic Clutch ini membutuhkan daya magnetism yang bekerja secara maksimal. Terkait dengan hal ini, ternyata daya magnetism bisa menyebabkan composer AC mobil tidak bisa bekerja dengan semestinya.

Terdapat beberapa hal yang bisa menyebabkan kerusakan pada magnetic clutch, salah satunya adanya kelistrikan mobil yang tidak stabil, overhear pada mesin serta kualitas clutch yang kurang baik.

Terkait dengan hal ini, solusinya bisa dengan memperbaiki kerusakan dalam part ini, yaitu dengan melakukan penggantian magnetic clutch. Jika Anda ingin melakukan penggantian komponen ini, pastikan mengganti dengan komponen yang memiliki kualitas baik, sesuai dengan mobil Anda serta menyediakan garansi.

Kemudian untuk harganya, Magenetic Clucth ini memiliki harga yang cukup bervariasi. Dimulai dari 500 ribuan sampai 3 juta rupiah. Harga tersebut didasarkan pada merk, kualitas serta jasa bongkar pasang.

2.       Fan Belt AC Putus atau Copot

Fan Belt ini merupakan sabuk yang mengkoneksikan antara bagian putaran mesin dengan bagian composer pada AC mobil. Oleh karena itu, ketika fan belt mengalami putus atau copot maka composer bisa menjadi tidak berputar. Ketika komponen ini tidak bisa berputar, kondensor tidak bisa bekerja serta Freon tidak menghasilkan udara yang dingin. Jika beberapa hal tersebut terjadi, bisa ditebak, masalah AC mobil kurang dingin akan muncul.

Terkait dengan hal tersebut, ternyata ada beberapa penyebab timbulnya permasalahan pada Fan Belt AC Mobil. Masalah tersebut diantaranya faktor usia fan belt serta terbakaranya fa belt. Selain itu, kualitas fan belt yang memang jelek juga bisa membuat Fab Belt menjadi mudah putus.

Jika Anda mengalami permasalahan seperti ini, salah satu solusi terbaiknya adalah melakukan penggantian spare part. Sebelum melakukan penggantian, pastikan jika kualitasnya sudah baik sehingga bisa tahan lama serta tahan terhadap panas.

Kemudian mengenai harganya, Fan Belt hadir dengan harga yang cukup bervariasi, disesuaikan dengan jenis mobilnya. Untuk range harganya dimulai dari 100 ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Beberapa informasi yang kami dapatkan, harganya dimulai dari 500 ribu hingga 1 juta rupiah.

Ternyata ada beberapa faktor penyebab kerusakan AC mobil. Jika Anda mengalami kejadian seperti itu, segera lakukan perbaikan AC mobil. Jika Anda ingin melakukan perbaikan AC, Anda bisa menggunakan jasa service AC Mobil dari supercar.id. Langsung saja kunjungi laman resminya di https://supercar.id/service-ac-mobil.

Deskripsi: AC mobil tidak dingin ternyata disebabkan oleh beberapa hal, berikut ini beberapa penyebab serta cara mengatasi AC mobil yang rusak dengan mudah.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda